SITUS MARKETING GAME MADE IN INDONESIA

Berikut ini adalah kumpulan beberapa marketing game yang saya rancang dan telah saya uji coba (praktekkan) bersama banyak mahasiswa saya penempuh studi marketing dan beberapa trainee saya. Kali ini saya mencoba berbagi dengan Anda semua. Karena ternyata hasil yang kami dapat berdasar evaluasi yang ada adalah LUAR BIASA..!!! Dan sangat saya rekomendasikan bagi Anda para penempuh studi marketing maupun para pelaku untuk mencobanya. Terbukti SANGAT EFEKTIF dalam mengasah potensi marketing partisipan. Selamat mencoba, semoga brmanfaat, dan mari kita sharing tentang berbagai kemungkinan modifikasi dan hasilnya. Terima kasih.

Thursday, April 12, 2007

Tell Me The Truth

Description

Game ini dilakukan secara berkelompok, dengan asumsi bahwa setiap anggota kelompok telah cukup mengenal setiap masing-masing orang. Setiap orang akan mendapat giliran untuk duduk dihadapan seluruh rekannya, untuk kemudian dia hanya akan diam mendengarkan dan meresapi segala bentuk komentar negatif dan makian-makian tentang hal-hal yang tidak disukai oleh semua rekannya.

Manfaat

Melatih Student (marketing people) untuk dapat lebih mampu mengendalikan diri dari emosi-emosi negatif yang diakibatkan karena kondisi-kondisi yang kuang menguntungkan. Selain itu, permainan ini akan melatih Student (marketing people) untuk berpikir positif terhadap setiap kondisi negatif yang dialaminya, sehingga dia akan menjadi seseorang yang lebih berpikir solusi daripada sekedar emosi. Dan dengan adanya komentar-komentar negatif yang didapatnya, hal ini tentunya akan banyak memberikan input bagi pengembangan diri selanjutnya.

Aturan Main

* Tidak ada batasan waktu secara pasti.

* Pemberi komentar negatif tidak perlu memberikan saran, hanya kritik dan bahkan makian.

* Game ini meski sifatnya individual, tetapi dilakukan dihadapan forum atau dihadapan orang lain dengan jumlah antara 10 hingga 25 orang.

* Keterbukaan dan kejujuran sangatlah penting disini.

Pembahasan

Sikap untuk selalu dapat berpikir positif adalah modal yang sangat penting bagi seorang marketer dalam menyikapi setiap kondisi perkembangan pasar, bahkan di kondisi terburuk sekalipun. Sebab, semangat kerja yang terus didasari oleh motivasi dalam diri yang kuat dan paradigma berpikir yang selalu positif akan mampu mengatasi setiap rintangan. Karena sebenarnya kegagalan di pasar adalah lebih pada ketidak siapan mental dan paradigma berpikir positif.

No comments: