SITUS MARKETING GAME MADE IN INDONESIA

Berikut ini adalah kumpulan beberapa marketing game yang saya rancang dan telah saya uji coba (praktekkan) bersama banyak mahasiswa saya penempuh studi marketing dan beberapa trainee saya. Kali ini saya mencoba berbagi dengan Anda semua. Karena ternyata hasil yang kami dapat berdasar evaluasi yang ada adalah LUAR BIASA..!!! Dan sangat saya rekomendasikan bagi Anda para penempuh studi marketing maupun para pelaku untuk mencobanya. Terbukti SANGAT EFEKTIF dalam mengasah potensi marketing partisipan. Selamat mencoba, semoga brmanfaat, dan mari kita sharing tentang berbagai kemungkinan modifikasi dan hasilnya. Terima kasih.

Thursday, April 12, 2007

My Airplane

Description

Student (marketing people) diberi tugas untuk membuat suatu model pesawat terbang dari kertas. Petunjuk yang diberikan adalah; buatlah pesawat terbang dari kertas,- yang tercanggih yang Anda bisa. Setelah pesawat terbang masing-masing jadi, maka setiap Student (marketing people) akan mendemokan pesawat buatannya sambil bercerita sekilas tentang pesawat buatannya tersebut.

Manfaat

Melatih Student (marketing people) untuk dapat lebih bereksplorasi tentang ide kreatifnya di berbagai situasi, atau dalam hal ini dengan tugas merancang / membuat pesawat kertas tercanggih. Namun, adalah perlu pendekatan khusus seperti halnya pada game ini guna menyadarkan bahwa kehebatan eksplorasi kreatifitas tentulah jangan sampai merusak hal yang pokok atau utama.

Aturan Main

* Waktu yang diberikan dalam membuat pesawat kertas adalah sekitar 10 – 15 menit.

* Game ini meski sifatnya individual, tetapi dilakukan dihadapan forum atau dihadapan orang lain dengan jumlah antara 10 hingga 25 orang.

* Semua Student (marketing people) wajib mencoba kelayakan terbang pesawat buatannya.

Pembahasan

Seringkali cukup banyak Student (marketing people) yang akan memprotes tugas terakhir yang diberikan, yaitu mendemokan bagaimana pesawat ‘hebat’ buatannya untuk terbang. Padahal justru disitulah klimaksnya. Pada saat setiap desain pesawat tersebut dicoba terbangkan, maka akan ketahuan aslinya, bahwa mana yang termasuk pesawat terbang, mana yang termasuk pesawat nggak bisa terbang! Justru itulah intinya. Student (marketing people) selain dituntut kreatif, juga dituntut untuk tetap kritis jangan sampai lepas kontrol terhadap hal-hal yang utama. Salah satu faktor terpenting dari keberhasilan tugas ini adalah pesawat terbang kertas rancangan tiap Student (marketing people) harus bisa terbang dan atau bahkan manuver dengan baik. Hal seperti ini jangan sampai dilupakan.

No comments: