SITUS MARKETING GAME MADE IN INDONESIA

Berikut ini adalah kumpulan beberapa marketing game yang saya rancang dan telah saya uji coba (praktekkan) bersama banyak mahasiswa saya penempuh studi marketing dan beberapa trainee saya. Kali ini saya mencoba berbagi dengan Anda semua. Karena ternyata hasil yang kami dapat berdasar evaluasi yang ada adalah LUAR BIASA..!!! Dan sangat saya rekomendasikan bagi Anda para penempuh studi marketing maupun para pelaku untuk mencobanya. Terbukti SANGAT EFEKTIF dalam mengasah potensi marketing partisipan. Selamat mencoba, semoga brmanfaat, dan mari kita sharing tentang berbagai kemungkinan modifikasi dan hasilnya. Terima kasih.

Thursday, April 12, 2007

My 25 Minutes Jobs

Description

Permainan ini akan berpeluang sangat menarik bagi mereka yang suka akan tantangan. Sama sederhananya dengan game-game sebelumnya, di sini Student (marketing people) diminta untuk menyebar (keluar ruangan), dan kembali ke ruang lagi dalam waktu 25 menit. Selama waktu tersebut, setiap Student (marketing people) mendapat tugas untuk mencari sebanyak-banyaknya job oder dari siapapun yang dapat ditemui dan diprospeknya. Dan setelah kembali ke ruang, setiap Student (marketing people) akan diminta cerita satu-per-satu untuk menyampaikan hasilnya.

Manfaat

Menanamkan pemahaman pada setiap Student (marketing people) bahwa sesuatu yang bahkan mereka anggap sulit sekalipun (sebelumnya), akan dapat kita lakukan, bahkan bisa dengan mudah.

Aturan Main

* Karena bersifat out door dan time limited, maka supaya fair, sebelum start dilakukan penyamaan waktu dahulu.

* Student (marketing people) yang melampaui batas waktu tersebut akan dikenakan pinalti, dia akan dianggap gagal total (tidak perduli hasil akhir yang dia capai).

* Diharapkan Student (marketing people) mencatat kontak dan mendapat memo singkat dari pemberi job,- akan digunakan sebagai bukti.

* Kompensasi atas order pekerjaan yang dimaksud tidak harus dalam bentuk uang. Dapat saja dalam bentuk barang (meski nanti juga akan diappraisal berapa kira-kira nilainya).

* Pemenangnya adalah yang mendapat job order terbanyak dan yang mendapat job order dengan nilai tertinggi. Jika kedua kategori ini diraih oleh dua orang yang berbeda, maka kedua orang itu yang menjadi pemenangnya.

Pembahasan

Setelah waktu habis, kita akan ketahui bahwa tidak semua Student (marketing people) dapat berhasil mendapatkan order pekerjaan yang dimaksud. Karena umumnya banyak yang beranggapan dan telah menanamkan persepsi pada dirinya masing-masing bahwa mencari pekerjaan dalam waktu 25 menit itu sulit.

Sebagian lagi mendapat job order meski tidak banyak, baik jumlah order maupun nilainya. Sebagain lagi, yang biasanya tidak banyak Student (marketing people) yang dapat mencapainya, adalah mendapat order banyak, dan nilainya juga besar.

1 comment:

Anonymous said...

Yah.. menurut ku game ini memang memiliki manfaat baik dan tujuan baik... karena itu menyadarkan dan memotivasi kita bahwa hal yang sebelumnya kita anggap bukan hal yang mudah (seperti mencari kerja) menjadi hal yang ternyata mungkin dan tidaklah sulit.... tetapi kekurangan dari game ini adalah, bila kita tidak mengantisipasi tawaran pekerjaan yang telah ditawarkan pada kita, dan orang yang memberikan informasi lowongan pekerjaan telah menganggap serius dan memprospek kita terhadap pekerjaan tersebut, tetapi ternyata kita berpikir dengan sudut pandang yang berbeda dan menganggap tawaran tersebut tidak untuk diseriusi (hanya untuk game semata) maka hal tersebut dapat mengakibatkan kekecewaan terhadap pihak yang telah memberikan kita tawaran pekerjaan.